Argorejo Secara Berkala Jemput Bola Pendataan Akta Kelahiran Dan Kematian

Admindesa 19 Desember 2019 09:33:20 WIB

Dalam rangka menyukseskan program Pemerintah dan membantu masyarakat untuk memiliki akta kelahiran maupun akta kematian, Pemerintah Desa Argorejo melakukan jemput bola dengan mendatangkan petugas DUKCAPIL Bantul ke Kelurahan Desa Argorejo. Kegiatan ini mulai berlangsung sejak selasa 17 Desember 2019 dan akan dilaksanakan secara berkala.

Konvensi PBB 1989 mengenai hak-hak anak Pasal 7 menyatakan bahwa semua anak harus didaftarkan segera setelah kelahiran dan harus mempunyai nama serta kewarganegaraan. Konvensi ini diratifikasi oleh Indonesia pada 1990. Pencatatan atau akta kelahiran merupakan bukti sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Anak yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi nomor induk kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya. Kepemilikan akte kelahiran salah satu bukti terpenuhinya hak identitas anak dan kesadaran akan pentingnya pencatatan kelahiran anak mulai tumbuh di Indonesia.

Arfan Nurrahman yang merupakan Kaur Tata Usaha dan Umum serta penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan jemput bola ini akan secara rutin dilakukan untuk membantu masyarakat memiliki akta kelahiran maupun akta kematian.

“jadi untuk program jemput bola ini akan dilakukan secara berkala atau terus menerus sampai masyarakat ini bisa memiliki akta kelahiran maupun akta kematian” ungkapnya.

Ada beberapa resiko apabila anak tidak memiliki akta kelahiran. Pemalsuan identitas sangat mungkin terjadi apabila seorang anak tidak tercatat identitas dirinya melalui akta kelahiran. Resiko lainnya terutama anak-anak di pedesaan yang tak memiliki akta kelahiran menjadi sasaran empuk perdagangan anak. /udn

Dokumen Lampiran : Argorejo Secara Berkala Jemput Bola Pendataan Akta Kelahiran Dan Kematian


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

Youtube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lagu Indonesia Raya

VIDEO

MUSIK

Lokasi Argorejo

tampilkan dalam peta lebih besar