Lurah Argorejo inginkan Nihil Jentik nyamuk

UNGGUNG DHEWA 24 Januari 2020 14:08:34 WIB

Argorejo, Jumat 24 Januari 2020 di padukuhan Metes dilaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Dalam kegiatan ini dilakukan pemantauan kerumah-rumah warga yang ada di sekitaran padukuhan Metes. Hal yang menjadi fokus utama adalah pemeriksaan jentik nyamuk yang berada di penampungan air.

Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Lurah Desa Argorejo bapak Ngadimin S.H dan diikuti oleh pamong desa Argorejo bagian pelayanan, puskesmas sedayu, babinkamtibmas, dan dari kecamatan sedayu.

Ngadimin saat ditanya mengenai tujuan dilaksanakannya program Pemberantasan sarang nyamuk ini mengungkapkan bahwa kedepannya diharapkan kesadaran masyarakat akan semakin meningkat dan perduli terhadap lingkungan sehingga tercapainya Nihil sarang nyamuk.

“Target kita masing-masing keluarga nihil artinya tidak ada jentik satupun dalam rumah tangga baik di dalam maupun diluar lingkungan, dan kita berharap kader-kader di padukuna maksimal menjalankan tugasnya”, ungkapnya.

Mencegah Perkembangbiakan Nyamuk Aedes Aegypti

Disadur dari situs alodokter.com cara tepat untuk mencegah perkembangan nyamuk Aedes aegypti adalah dengan menerapkan 3M, yaitu:

  1. Menutup rapat tempat penyimpanan air.
  2. Menguras tempat penampungan air secara rutin, setidaknya seminggu sekali.
  3. Mengubur atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menyebabkan air menggenang.

Selain itu, tindakan pencegahan tambahan juga perlu Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus melalui nyamuk ini, antara lain dengan:

  1. Memasang kawat antinyamuk di jendela dan pintu rumah.
  2. Menyebarkan bubuk larvasida di tempat penampungan air.
  3. Menanam tanaman pengusir nyamuk.
  4. Menggunakan kelambu saat tidur.
  5. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

Selain melakukan berbagai cara di atas, Anda juga bisa menggunakan losion antinyamuk atau menggunakan obat nyamuk dalam bentuk semprot, obat nyamuk bakar, dan elektrik. Namun, penggunaan obat nyamuk harus dilakukan secara hati-hati jika terdapat bayi, anak-anak, atau penderita asma di dalam rumah.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk memberantas nyamuk Aedes aegypti adalah dengan melakukan fogging atau pengasapan. Namun, biasanya fogging baru akan dilakukan jika terdapat laporan peningkatan kasus demam berdarah di sekitar tempat tinggal Anda.

Penyakit demam berdarah kini juga bisa dicegah dengan pemberian vaksin DBD, meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa vaksin DBD lebih efektif daripada langkah pencegahan DBD lainnya, seperti fogging dan 3M.

Jadi, tetap lakukan langkah pencegahan DBD yang utama, yaitu dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk Aedes aegypti.

 /udn

Komentar atas Lurah Argorejo inginkan Nihil Jentik nyamuk

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

VIDEO

MUSIK

Lokasi Argorejo

tampilkan dalam peta lebih besar