Argorejo Panen Raya Padi

Administrator 03 Juli 2018 07:31:29 WIB

Acara panen raya di kabupaten Bantul dilakukan di Bulak Kepuhan, Kepuhan Argorejo, Sedayu, Bantul, Acara ini dihadiri oleg BP3K Sedayu, Lurah Desa Argorejo, Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta ( UST) tokoh masyarakat pertanian dan para petani sekitar, Senin (02/7).

Pada penerapan panen raya ini dilakukan perbandingan dengan mempelajari teknologi pertanian berbasis organik dengan pola tanam konvensional. Dan ternyata dengan menggunakan teknologi pertanian berbasis organik menghasilkan panen yang lebih baik.

Lurah Desa Argorejo Ngadimin, SH menyampaikan dengan semangat Gerakan Bangkit dan Pemberdayaan, Kabupaten Bantul, pertanian merupakan faktor penting dalam pemberdayaan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bantul. Peningkatan seperti dalam panen raya ini harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam sekala lebih besar lagi.

Hal senada juga disampaikan Kepala BP3K Joko Purnomo, S.PKP bahwa salah satu upaya peningkatan hasil pertanian adalah dengan memanfaatkan bahan organik untuk perbaikan ekosistem. Terutama dalam mengantisipasi harga beras global yang tinggi, dihimbau agar lahan pertanian agar selalu produktif.

Menurut Perwakilan dari UST Yogyakarta, bahwa teknologi pertanian berbasis organik SUPERFARM adalah dengan memperbaiki kesuburan tanah dengan mengembalikan bahan organik yang telah terdekomposisi ke lahan, pola pemupukan yang tepat dan efisien, dan pola pengendalian hama terpadu yang bersahabat dengan lingkungan.

Disampaikan pula bahwa dengan aplikasi teknologi organik secara menyeluruh, dapat turut mengatasi permasalahan kelangkaan dan kemahalan pupuk saat ini. Harapan dari pemerhati perhatiaan ini adalah teknologi yang diberikan dapat memberikan manfaat nyata kepada para sahabat petani khususnya di Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu

Pada acara panen raya tersebut terjadi komunikasi terbuka antara UST dengan para pelaku dan pemerhati pertanian berkaitan dengan teknologi organik, antara lain dalam hal memanfaatkan jerami sebagai pupuk organik, pola pengembangan industri peternakan penggemukan sapi dan ayam dengan teknologi organik dalam mengantisipasi harga pakan yang semakin mahal, dan manfaat jangka panjang yang akan diperoleh melalui teknologi organik.

Komentar atas Argorejo Panen Raya Padi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License