Kampung KB

Administrator 30 September 2018 15:40:28 WIB

Sosialisasi Kampung KB di Pedukuhan Gunung Polo Minggu 30/09  dapat berjalan dengan lancar. acara ini dilaksanakan di Balai Pedukuhan Gunung Polo, yang di hadiri oleh Camat Sedayu Fauzan Mu'Arifin, Puskesmas, Pj Lurah Desa Argorejo. Narasumber kegiatan Sosialisai Kampung KB dari DPPKBPMD Kabupaten Bantul.

Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pembanguan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Tujuan pembentukan Kampung KB

  1. Membumikan Total Program KB di kehidupan masyarakat, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah masing  masing .
  2. Memberikan arah dan pedoman bagi para Penanggung jawab dan Pengelola Program KB Tingkat Kecamatan dan Desa, dalam melakukan penggerakan di wilayah kerjanya untuk mempercepat pencapaian indikator output program KKB.

 Sasaran Kampung KB

  1.  Kependudukan;
  2.  KB dan Kesehatan Reproduksi;
  3.  Pembinaan Ketahanan Keluarga;
  4.  Pemberdayaan Keluarga;
  5.  Advokasi, KIE dan Penggerakan.

Sasaran Wilayah

  • Kecamatan
  • Desa/Kelurahan
  • RT

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum intervensi kegiatan:

  • Analisa data potensi desa/kampung (hasil pendataan keluarga dan data capil);
  • Penetapan sasaran program/kegiatan sesuai dengan hasil analisa data potensi  desa;
  • Meningkatkan komitmen dan kemitraan dengan sektor  lain sesuai dengan prioritaas program

Menjelaskan betapa pentingnya KB saat ini untuk menunda kehamilan dan mengurangi angka kelahiran dengan mengingat dan memperhitungkan jumlah anak yang dimiliki, dengan seberapa besar perkiraan biaya yang di perlukan untuk anak tersebut. demi tercapainya upaya pemerintah tentang perkawinan dibawah umur/pernikahan dini dengan menjelaskan maksimal usia wanita boleh menikah 20 tahun untuk menjaga perempuan yang menikah di bawah usia 18 tahun berpotensi keguguran, anak dan ibu rentan terhadap penyakit, kualitas anak yang dilahirkan rendah, gizi buruk dan putus Sekolah dll.

 

Komentar atas Kampung KB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License