Peningkatan Ketrampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam

Administrator 24 Juni 2019 09:56:01 WIB

Senin, 24 Juni 2019 bertempat di Balai Desa Argorejo diadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Bantul. Pelatihan ini diinisiasi oleh BPBD Kabupaten Bantul

Acara pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari  Senin dan Selasa (24-25 Jnli 2019). Pada hari pertama, dimulai dengan Pembukaan Acara Pelatihan dilanjutkan dengan sambutan pertama  dari Lurah Desa Argorejo selaku tuan rumah pelaksanaan acara, Kepala BPBD Bantul. Materi  pengenalan tentang visi, misi, dan tugas-tugas seputar kegiatan BPBD serta tentang Relawan Penanggulangan Bencana yang disampaikan oleh salah satu anggota TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Bantul .

Pelatihan hari kedua rencana  diawali dengan  pelatihan materi dari BMKG Bantul tentang bencana Tanah Longsor  dan dilanjutkan dengan materi tentang bencana Kebakaran yang diisi oleh anggota Pemadam Kebakaran Bantul. Setelah istirahat akan dilakukan praktek memadamkan kebakaran di lapangan Desa Argorejo. Setiap peserta pelatihan mempraktekkan cara memadamkan kebakaran baik dengan anggota tubuh, selimut basah, APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan menggunakan selang / nozzle yang terhubung dengan truk pemadam kebakaran.

Inti dari pelatihan ini bertujuan agar setiap peserta paham tentang cara penanggulangan bencana agar tidak panik ketika terjadi bencana dan bagaimana cara menangani bencana ketika sudah terjadi  sehingga bisa meminimalisir korban dan kerugian-kerugian akibat bencana.

Komentar atas Peningkatan Ketrampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License