Desa Argorejo sosialisasikan program WKSBM kepada masyarakat

Administrator 17 Desember 2019 11:13:11 WIB

Kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab kita Bersama, tidak semata-mata hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Untuk itu pada Selasa 17 Desember Di aula Desa Argorejo dilaksanakan sosialisasi program WKSBM oleh Desa Argorejo, dihadiri sebanyak 26 peserta yang terdiri dari Dukuh, Pamong Masyarakat yang terdiri dari Kader Kesehatan,  Linmas, anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dan juga dari anggota Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Dalam sisosialisasi ini mengundang narasumber dari Bidang Administrasi Kesra Setda Kabupaten Bantul yaitu Dedi Ahmad Jabir dan Karyanto dimana dalam pemaparannya menjelaskan  mengenai apa itu WKSBM dan tujuan kerja dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pemaparan berlangsung sangat menarik sehingga peserta yang hadir tampak sangat antusias. 

Surame yang merupakan Penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah dalam rangka pengurangan angka kemiskinan khususnya di wilayah Desa Argorejo.

Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) merupakan program pemerintah yang bergerak dalam hal meningkatkan kesejahteraan sosial. WKSBM adalah alat, wadah, saran maupun media yang digunakan oleh masyarakat untuk melaksanakan usaha kesejahteraan social secara berkelanjut. Wahana ini berupa jaringan kerja kelembagaan sosial komunitas lokal baik yang tumbuh melalui proses alamiah dan tradisional maupun iembaga yang sengaja dibentuk untuk mensinergikan pelaksanaan tugas dibidang usaha kesejahteraan sosiai seperti kelompok arisan, kelompok usaha bersama, lumbung desa dan nilai budaya lokal.

WKSBM memiliki tujuan :

  1. Meningkatnya kepekaan, kepedulian dan kesetiakawanan sosial.
  2. Meningkatnya peran aktif masyarakat dibidang kesejahteraan sosial.
  3. Terciptanya pelembagaan kesejahteraan sosial oleh kelompok masyarakat secara berkelanjutan di tingkat lokal.

 /udn

Komentar atas Desa Argorejo sosialisasikan program WKSBM kepada masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License