Argorejo Secara Berkala Jemput Bola Pendataan Akta Kelahiran Dan Kematian

Administrator 19 Desember 2019 09:33:20 WIB

Dalam rangka menyukseskan program Pemerintah dan membantu masyarakat untuk memiliki akta kelahiran maupun akta kematian, Pemerintah Desa Argorejo melakukan jemput bola dengan mendatangkan petugas DUKCAPIL Bantul ke Kelurahan Desa Argorejo. Kegiatan ini mulai berlangsung sejak selasa 17 Desember 2019 dan akan dilaksanakan secara berkala.

Konvensi PBB 1989 mengenai hak-hak anak Pasal 7 menyatakan bahwa semua anak harus didaftarkan segera setelah kelahiran dan harus mempunyai nama serta kewarganegaraan. Konvensi ini diratifikasi oleh Indonesia pada 1990. Pencatatan atau akta kelahiran merupakan bukti sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Anak yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi nomor induk kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya. Kepemilikan akte kelahiran salah satu bukti terpenuhinya hak identitas anak dan kesadaran akan pentingnya pencatatan kelahiran anak mulai tumbuh di Indonesia.

Arfan Nurrahman yang merupakan Kaur Tata Usaha dan Umum serta penanggung jawab kegiatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan jemput bola ini akan secara rutin dilakukan untuk membantu masyarakat memiliki akta kelahiran maupun akta kematian.

“jadi untuk program jemput bola ini akan dilakukan secara berkala atau terus menerus sampai masyarakat ini bisa memiliki akta kelahiran maupun akta kematian” ungkapnya.

Ada beberapa resiko apabila anak tidak memiliki akta kelahiran. Pemalsuan identitas sangat mungkin terjadi apabila seorang anak tidak tercatat identitas dirinya melalui akta kelahiran. Resiko lainnya terutama anak-anak di pedesaan yang tak memiliki akta kelahiran menjadi sasaran empuk perdagangan anak. /udn

Dokumen Lampiran : Argorejo Secara Berkala Jemput Bola Pendataan Akta Kelahiran Dan Kematian


Komentar atas Argorejo Secara Berkala Jemput Bola Pendataan Akta Kelahiran Dan Kematian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License