Lurah Argorejo Ingin Sukseskan Program PTSL

Suhartono 06 Maret 2020 09:31:07 WIB

Belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain di kalangan masyarakat, baik antarkeluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antarpemangku kepentingan (pengusaha, BUMN dan pemerintah). Hal itu membuktikan pentingnya sertipikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.

 Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

 PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Desa Argorejo tahun 2020 ini mengikuti program PTSL yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional Kab, Bantul. Di Argorejo ini adalah kali pertama program ini dilaksanakan.

Lurah Desa Argorejo Ngadimin, S.H. mengungkapkan harapannya agar program ini berjalan sukses di Argorejo agar seluruh kepemilikan tanah di Argorejo sudah tersertifikat tidak lagi dalam bentuk Leter C.

“Kami menginginkan Program ini sukses, sehingga di Argorejo tanah yang masih Letter C dapat diminimalkan, karena sekarang masih banyak”, ungkapnya.

Salah satu yang dilakukan untuk menyukseskan program ini adalah dengan melakukan jemput bola dengan sedini mungkin mengumpulkan data dan syarat di masyarakat yang dibutuhkan sebagai kelengkapan sembari menunggu Form dari BPN, sehingga ketika dari BPN mulai menjalankan program ini semua sudah siap. /udn

Komentar atas Lurah Argorejo Ingin Sukseskan Program PTSL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License