Fasilitasi Penanganan ODGJ

pelayanan2 19 Desember 2023 20:59:12 WIB

Program Fasilitasi Penanganan ODGJ Kalurahan Argorejo berlangsung pada Sabtu, 9 Desember 2023 di Aula Kalurahan Argorejo. Program ini diinisiasi untuk memberikan pendampingan kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan agar mereka terintegrasi dalam sistem di masyarakat.

Program kesehatan jiwa berbasis masyarakat ini berawal dari masih tingginya stigma negatif yang ditujukan kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari masyarakat. Selain banyak Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang belum memiliki kepatuhan dalam mengkonsumsi obat secara rutin. Mereka pun masih belum mengakses fasilitas kesehatan setempat (Puskesmas) karena belum adanya sistem rujukan yang efektif untuk kasus kesehatan jiwa di dalam masyarakat. Peningkatan kualitas hidup Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) juga semakin sulit dilakukan karena masih rendahnya pengetahuan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), keluarga serta masyarakat mengenai isu kesehatan jiwa. (Roy)

Komentar atas Fasilitasi Penanganan ODGJ

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License